Strategi Dasar Agar Bisa Berekspansi Dengan Baik

Written on Minggu, 22 Maret 2015 | 21.50

Entrepreneur bukan semata-mata berdagang. Saat pedagang biasa sudah puas dengan bisnisnya yang menguntungkan, seorang entrepreneur harus selalu bekerja keras mencari peluang baru untuk bisa mengembangkan bisnisnya dan membawanya ke level yang lebih tinggi. Akan selalu ada target-target yang harus dicapai agar bisnis yang ada tidak hanya mampu bertahan tetapi juga bertumbuh dan tersebar.

seputarbisnisdanmanajemen.blogspot.com

* Terapkan kompetensi dasar Anda dalam pasar yang relevan

Amati para pesaing yang memiliki keunggulan yang serupa dengan Anda dalam sektor yang berbeda. atau untuk pelanggan yang berbeda. Dengan menggunakan skala, lokasi, dan desain umum, Anda mungkin bisa memberikan pemecahan yang lebih baik atas masalah yang mereka hadapi tanpa harus memberikan harga yang lebih tinggi.

* Berikan produk atau layanan baru pada pelanggan yang ada. 

Anda telah mengetahui pelanggan yang sudah ada dengan baik dan membangun hubungan yang hangat dengan mereka. Mereka tahu siapa Anda dan merek apa yang Anda bangun.

* Tambahkan layanan yang bersifat pelengkap untuk produk Anda. 

Atau tambahkan produk yang bersifat pelengkap terhadap layanan Anda. Hal ini bisa dihubungkan dengan dukungan atau pendidikan yang berhubungan, atau sebuah paket produk dan layanan untuk sebuah kelompok baru pelanggan.

* Terapkan juga teknologi yang Anda sudah ketahui ke bidang lainnya

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat sekarang ini, Anda harus berasumsi bahwa produk Anda yang sekarang akan digeser dengan produk yang lebih baru. Perhatikan bagaimana dan ke arah mana teknologi terus berkembang dan berevolusi.

* Buka lebih banyak lokasi, perluas baik secara daring (online) maupun secara global. 

Alternatif selain menjual lebih banyak volume barang dengan lebih sering pada pelanggan yang sudah ada ialah dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru dengan kebutuhan yang sama. Di samping menambah lokasi fisik secara regional dan global, biaya untuk menghadirkan representasi online sebuah bisnis kini lebih rendah dibanding dahulu.

* Tawarkan bisnis sebagai waralaba. 

Waralaba itu layaknya mencetak klon bisnis Anda dan mengkontrak orang lain untuk menjalankan klon bisnis tersebut. Terdengar sangat sederhana namun membutuhkan usaha yang besar untuk mendokumentasikan setiap proses, membangun hubungan dengan para vendor, dan memantau seluruh tahapan pelaksanaannya.

* Lakukan penggabungan atau merger dengan bisnis lain atau lakukan akuisisi terhadap bisnis lainnya. 

Merger dan akuisisi merupakan langkah yang lazim dilakukan saat sebuah bisnis ingin merengkuh pasar yang lebih luas. Selain itu merger dan akuisisi juga menjadi jalan untuk mengakuisisi produk dan jasa lainnya, tanpa harus menjalani masa inkubasi untuk membangun dan menguji produk terlebih dulu. Ini sering berhasil jika Anda menemukan perusahaan yang serupa dengan milik Anda yang memiliki potensi yang sama tetapi sedang terjebak utang atau kekurangan tenaga ahli.

* Lisensikan produk Anda pada mitra atau sekutu.

Jika jangkauan Anda kurang luas atau Anda tidak punya akses yang memadai terhadap segmen pasar utama atau kelompok pelanggan tertentu, melisensikan produk Anda, menambah mitra strategis, atau membangun sebuah kemitraan dengan perusahaan yang relevan akan membantu.

* Pekerjakan seseorang yang lebih kompeten dari Anda. 

Mereka akan memberikan pengetahuan dan pandangan lain yang belum Anda ketahui. Tingkatkan sebuah budaya aktif dan program pemberian imbalan bagi siapa saja yang mampu menghasilkan ide-ide baru. Jika Anda tidak melakukan hall-hal tersebut, biasanya oang-orang pintar idalam perusahaan Anda akan memberikan ide mereka ke orang lain atau menyerahkan ide itu pada pesaing.

* Jadilah anggota komunitas yang aktif. 

Melakukan kerja secara sukarela untuk membantu komunitas Anda akan memberikan pandangan baru pada permasalahan terkini, tantangan dan peluang bisnis. Pada saat yang sama, Anda membangun kredibilitas yang kelak akan diberikan oleh pelanggan masa datang.



Seorang entrepreneur unggul pasti akan selalu memburu produk dan layanan yang dibutuhkan orang dan bekerja mewujudkan solusi terhadap permasalahan orang untuk mendapatkan keuntungan dan kenyamanan. Tidak berpikir ke depan atau berjalan di tempat sebagai seorang entrepreneur berarti Anda tidak membuat kemajuan, bahkan bisa dikatakan mengalami kemunduran.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...