Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Membuka Usaha

Written on Rabu, 07 Maret 2012 | 08.44

 Banyak alasan yang membuat seseorang batal membuka usaha seperti misalnya modal yang tidak cukup, biasanya adalah alasan utama  orang yang takut membuka usaha. Namun anehnya, pada waktu sudah bermodal pun, masih saja ada alasan bingung memulai usaha di bidang apa. Karena itu, ini dia tips yang cocok untuk mengatasi kesulitan dalam membuka usaha yang sering menjadi alasan banyak orang untuk memulai usaha.

1. Mengatasi kesulitan modal

Tidak adanya modal selalu menjadi penghalang bagi mereka yang ingin mencoba peluang usaha yang sudah ada. anda bisa mengatasinya dengan mencari partner kerja atau mengajukan pinjaman kepada beberapa lembaga keuangan seperti bank yang melayani masalah permodalan usaha atau mencoba meminjam pada kerabat anda yang mungkin bisa membantu.
Sebelum mengajukan pinjaman atau mencari partner kerja, buatlah dahulu proposal usaha disertai perincian modal yang dibutuhkan. Dengan demikian, calon partner kerja maupun kerabat Anda yang akan memberikan bantuan modal bisa menjadi lebih percaya serta tidak ragu lagi dengan usaha yang akan anda kembangkan.

2. Mengatasi masalah krisis skill maupun percaya diri

Selain masalah modal, kesulitan usaha lainnya adalah skill yang kurang maksimal, yg menjadikan seseorang merasa tidak percaya diri untuk membuka sebuah usaha. Tingkatkan rasa percaya diri anda untuk membuka usaha dengan menyesuaikan usaha tersebut dengan skill yang anda punya. Tulis prestasi atau kelebihan yang anda miliki. Jika anda sudah yakinbidang tertentu, tingkatkanlah kemampuan dengan mempelajari buku-buku, belajar melalui orang yang lebih ahli atau juga mengikuti beberapa kursus. Jika masih kurang, jangan patah semangat karena anda masih bisa menggandeng partner atau mencari SDM yang terampil dan sudah ahli di bidang tersebut. anda bisa mengembangkan usaha sekalian belajar meningkatkan kemampuan anda.

3. Mengatasi masalah jaringan untuk pemasaran

Ketika usaha anda sudah berjalan, kesulitan usaha berikutnya yang sering dialami adalah kurangnya jaringan sehingga pemasaran yang dilakukan pun juga terbatas. anda bisa membangun jaringan dengan memulainya dari orang – orang yang sering berinteraksi dengan anda. Rekan kerja, tetangga, kerabat, maupun relasi – relasi kerja yang dulu adalah partner anda. Ceritakan kelebihan dan prospek usaha anda sehingga mereka bersedia menjalin kerjasama dengan bisnis anda. anda juga bisa membuka jaringan pemasaran dengan berbagai perusahaan besar untuk membantu memasarkan usaha. Misalnya saja bekerja sama dengan advertising company untuk membantu mempromosikan produk Anda.

4. Mengatasi rasa takut akan adanya kegagalan

Jika anda tidak berani melawan rasa takut atau gagal, akan berpengaruh yakni usaha anda tidak kan berkembang. Lawanlah sebisa mungkin rasa takut itu dengan melakukan apa yang selama ini anda takutkan, jalankan usaha Anda dengan fokus dan ketekunan Anda. Segala tantangan dan hambatan dalam menjalankan usaha dapat diselesaikan jika anda berfokus dan tekun dalam menjalankan usaha Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...