Cara Membuka Usaha Secara Cepat Dan Sederhana

Written on Kamis, 26 Januari 2012 | 21.46



Tak dapat dipungkiri bahwa hidup membutuhkan banyak biaya. Entah itu biaya untuk makan, sekolah, kesehatan, dan lain-lain. Sebagian orang rela bekerja keras hanya untuk dapat bertahan hidup dan menutup segala kebutuhan biaya hidup. Sebagian masih menjadi pengangguran disaat biaya semakin melambung. Dan salah satu solusi adalah dengan membuka usaha sendiri dan mendapatkan penghasilan sendiri.


Berikut ini adalah tips bagaimana cara membuka usaha secara cepat dan sederhana....:


1. Kenali Potensi Diri Anda
Coba cari tahu kemampuan apa yang anda miliki. Mungkin anda memiliki kemampuan membuat kue, masakan, menjahit, mencukur, dan lain-lain. Anda bisa mencoba membuka usaha dari kemampuan yang anda miliki.

2. Kenali Potensi Sekitar Anda
Lihat seputar anda, apakah ada sesuatu yang anda dapat manfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan anda. Salah satunya, apakah ada disekitar anda yang memproduksi barang atau menjual jasa. Jika ada, anda bisa menjualkan produk atau jasa mereka. Untuk barang, anda bisa menjadi reseller atau menjual kembali produk tersebut dengan keuntungan yang dapat anda atur sendiri.
Dalam bidang jasa, anda mungkin bisa minta komisi ke pemilik jasa, tentu dimulai dengan perjanjian dahulu agar tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Promosikan Usaha Anda.
Setelah mengetahui apa yang ingin dilakukan, langkah terpenting adalah promosi.
Mempromosikan dengan menyebar kartu nama, selebaran atau brosur, pasang iklan di koran. Namun dengan cara konvensional diatas, efektifitasnya menjadi sangat kurang.

4. Kuasai Aspek Teknis
Hal ini akan mempermudah anda membuka maupun menjalankan usaha. Aspek teknis yang perlu diperhatikan adalah modal, hukum, pengelolaan keuangan, persaingan, dan mentor yang kompeten.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...