Cara Mengundurkan Diri Dengan Cara Profesional

Written on Selasa, 24 Maret 2015 | 10.04

Banyak alasan yang menyebabkan Anda resign dari pekerjaan Anda. Mungkin Anda mendapat peluang kerja yang lebih baik di tempat lain? Atau Anda kurang cocok dengan lingkungan kerja di kantor Anda saat ini? Apapun alasan Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda, Anda tetap harus meninggalkan kesan positif di kantor lama Anda.

seputarbisnisdanmanajemen.blogspot.comBerikut ini beberapa Cara Mengundurkan Diri Dengan Cara Profesional yang bisa Anda ketahui :

Bicarakan Langsung Dengan Atasan Anda
Pastikan bahwa atasan Anda adalah orang pertama yang tahu mengenai rencana pengunduran diri Anda. Jangan sampai beredar gosip kantor tentang pengunduran diri Anda, padahal Anda belum berbicara langsung dengan atasan Anda. Kalau hal ini terjadi, bukan tak mungkin atasan Anda merasa ‘sakit hati’.

Informasikan Pengunduran Diri Anda Dari Jauh Hari
Pengunduran diri mendadak akan merepotkan banyak orang. Jadi, beri waktu setidaknya 1 bulan antara saat Anda mengajukan surat pengunduran diri hingga hari terakhir Anda bekerja. Waktu tersebut diperlukan untuk transisi pekerjaan antara Anda dengan orang yang akan menggantikan Anda.

Tetap Bekerja Sebaik Mungkin
Walaupun sudah mengundurkan diri, bukan berarti Anda jadi bekerja asal-asalan. Tetaplah bekerja sebaik mungkin. Kalau perlu, selesaikan semua pekerjaan Anda sebelum hari terakhir Anda, sehingga Anda meninggalkan kantor lama Anda dengan kesan positif.

Jaga Bicara
Bisa jadi Anda mengundurkan diri karena ketidakcocokan dengan atasan atau rekan kerja Anda. Tapi, tetap jaga bicara Anda hingga saat Anda mengundurkan diri, baik secara langsung maupun di media sosial. Menjelek-jelekkan atasan atau rekan kerja Anda sebagai alasan Anda mengundurkan diri akan meninggalkan kesan negatif pada diri Anda. Lagi pula, siapa tahu suatu saat nanti Anda harus bekerja sama lagi dengan atasan atau rekan kerja Anda tersebut?

Kembalikan Semua Properti Kantor
Selama bekerja, mungkin Anda mendapatkan pinjaman seperti laptop kantor atau properti lainnya. Jangan lupa untuk mengembalikan barang-barang ini sebelum Anda pindah ke kantor baru.

Perhatikan Etika Kerja Dan Kontrak Anda
Walaupun sudah tidak bekerja di kantor lama Anda, Anda tetap harus menjaga kerahasiaan perusahaan serta klien Anda. Hal ini semakin harus diperhatikan jika Anda pernah menandatangani non-disclosure agreement.

Pamit
Pamit kepada seluruh rekan kerja, baik secara langsung maupun melalui email, memberikan kesan yang baik. Terima kasih yang sederhana atas kesempatan Anda untuk bekerja dan mempelajari hal baru di kantor Anda pun cukup, kok.

Jangan Lupakan Klien Anda
Jangan lupa menginformasikan pada klien atau pihak lain di luar perusahaan yang berhubungan dengan Anda mengenai pengunduran diri Anda. Perkenalkan juga mereka dengan orang yang menggantikan Anda, untuk memastikan transisi pekerjaan yang mulus.

Jaga Kontak Dengan Atasan Dan Rekan Kerja
Jaga networking Anda dengan atasan dan rekan kerja di kantor lama. Bukan tidak mungkin networking ini akan berguna bagi Anda di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...