Berdagang Tanpa Modal

Written on Senin, 23 Maret 2015 | 00.26

Salah satu pertanyaan besar saat akan memulai usaha atau bisnis sendiri adalah, “Modalnya dapat darimana ya?” Jika Anda mau tahu, memang ada jenis usaha yang tidak perlu modal. Well, memang tidak sepenuhnya modal dengkul alias nggak pakai modal sama sekali, tapi setidaknya masalah modal tidak akan menjadi beban utama. Salah satunya model bisnis  ini bernama Dropship.

Dropship adalah sebuah sistem penjualan produk secara online dimana si penjual tidak harus memiliki produk, inventory, dan sistem pengiriman sendiri. Dalam sistem ini, Dropshipper, istilah untuk pelaku dropship, tidak perlu melakukan pembelian barang untuk stocking dan tidak perlu melakukan pengiriman barang kepada konsumen.

seputarbisnisdanmanajemen.blogspot.com

Lalu bagaimana cara kerjanya jika Dropshipper (penjual) tidak perlu memiliki apa-apa? Terlihat menarik bukan, karena sepertinya tidak perlu modal besar untuk memulainya.

Disini kegiatan utama penjual adalah memasarkan barang yang disediakan oleh supplier. Penjual menerima pesanan dari konsumen dan meneruskannya kepada supplier untuk segera disiapkan dan dikirim kepada konsumen. Agar sebagai penjual berhasil memasarkan produk dari si supplier, maka penjual harus melakukan proses pemasaran baik secara online maupun offline. Biasanya cara online lebih efektif bagi sebagian besar orang. Beberapa sarana atau media yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk secara online adalah forum, toko online, blog pribadi, media sosial (Facebook, Twitter), aplikasi messenger smartphone (misal BBM atau Whatsapp), dan media online lainnya.

Sistem dari bisnis dropship itu cukup sederhana. Penjual memilih beberapa produk dari supplier yang akan dijual, kemudian mengambil beberapa foto dari produk, foto diupload ke media pemasaran disertai dengan keterangan singkat. Penjual dapat mengubah harga dan selisihnya merupakan keuntungan penjual. Bila terjadi pembelian, maka si konsumen akan memilih barang yang ingin dibeli dan mengirimkan uang sesuai dengan harga barang penjual tentukan.

Penjual kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang dan memberikan informasi barang yang dibeli beserta data si pembeli. Supplier akan mengemas barang yang dibeli dan mengirimkan barang kepada konsumen atas nama penjual.

Bisnis dropship ini memang terlihat sangat mudah dikerjakan, bahkan si penjual dapat menjalankan usahanya dari mana saja, yang penting ada koneksi internet dan gadget yang mendukung. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, tetapi Anda sudah memiliki usaha sendiri dengan potensi menjanjikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...