Test, Dapatkah Anda Menjalankan Bisnis Online ?

Written on Sabtu, 24 Maret 2012 | 08.03

Dibawah ini terdapat sejumlah pertanyaan yang dapat menunjukkan tingkat kemampuan dan minat anda terhadap Bisnis Online. Coba saja.

 

1. Mana yang anda pilih ketika orang terkasih menawarkan hadiah untuk anda.

a. Gadget sudah oke. Tapi kalau mengoperasikannya sulit, lebih baik jangan.

b. Gadget terbaru lebih disukai. Paling tidak, saya lebih mudah mengakses informasi yang saya butuhkan.

c. Gadget boleh-boleh saja. Paling tidak saya tidak terlalu ketinggalan dengan teman-teman yang lain.


2. Berapa lama anda dapat menghabiskan waktu untuk menjelajah dunia virtual rata-rata setiap harinya ?

a. Kurang dari satu jam, hanya untuk melihat e-mail atau menengok akun Facebook. Sesekali melihat berita terkini untuk selalu tahu apa yang terjadi di luar sana.

b. Lebih dari dua jam. Selain mengintip situs-situs berita, saya acapkali melakukan update pada blog saya. Saya memiliki tiga blog yang harus diperbarui paling tidak sekali dalam seminggu.

c. Paling tidak, dua jam dalam sehari. Saya rasa ini cukup, toh internet hanya sebatas media informasi. Untuk meraih keuntungan finansial sih bisa juga. Tetapi saya tidak mempunyai banyak waktu saat ini.



3. Banyak komoditi yang dapat di jual lewat internet, sikap anda adalah :

a. Itu betul. Tapi masyarakat belum terlalu mengerti internet. Kalau kita memaksakan, malah rugi. Lebih baik memilih bisnis yang lebih riil.

b. Wah, ini berita bagus. Saya akan mencari tahu produk yang biasa dijual secara online. Kalau perlu saya cari lagi komoditi lain yang dapat dijual lewat internet.

c. Ini kabar baik. Tapi kita harus hati-hati, sebab menjual lewat internet susah. Kita harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk berpromosi. Kalau untungnya tak banyak, lebih baik tidak usah ikut-ikutan.



4. Apa yang anda lakukan agar Bisnis Online anda dapat dikenal lebih luas oleh pengguna internet ?

a. Beritahu orang lain lewat internet. Kirimi mereka email. Meminta bantuan orang lain untuk menyebarkannya, sepertinya akan efektif.

b. Banyak cara yang dapat di lakukan, misalnya lewat media sosial. Ini cara yang paling murah. Memiliki tautan dengan situs atau blog lain adalah cara yang dapat dicoba. Memanfaatkan mesin pencari, search engine, rasanya merupakan terobosan yang oke untuk dicoba.

c. Social media adalah cara yang memang patut dicoba. Namun saya skeptis hal itu akan efektif. Memang perlu usaha lebih untuk melakukannya. Perpaduan dengan memasang iklan di media lain, tampaknya masih harus di coba.



5. Diantara ketiga pernyataan dibawah ini, manakah yang paling anda pilih ?

a. Orang boleh saja bilang bisnis online adalah masa depan. Namun hal ini semua ini belum terbukti sepenuhnya. Keraguan orang untuk melakukan transaksi adalah bukti bahwa bisnis online masih jauh dari harapan.

b. Membanjirnya bisnis online adalah bukti bahwa bisnis ini adalah bisnis masa depan . Terbatasnya waktu yang dimiliki mendorong orang untuk melakukan belanja lewat internet. Maskapai penerbangan saja sudah menerapkan kebijakan pembelian tiket secara online.

c. Kita boleh saja memiliki ide untuk menjalankan bisnis secara online, namun seringkali partner kita tidak memiliki pandangan ataupun visi yang sama dengan kita. Jadi, daripada membuang waktu percuma, kita tunda saja niat untuk melakukan bisnis secara online.




Catat jawaban anda, lalu lihat kesimpulannya di bawah ini ;





 





Jika anda cenderung menjawab "A" :

Anda tidak terlalu perduli dengan bisnis online. Namun, jika anda mau belajar sedikit, banyak sisi menguntungkan dari bisnis ini. Banyak peluang yang sesungguhnya dapat anda raih jika tertarik dengan bisnis ini.

Jika anda cenderung menjawab "B" :

Anda punya pemahaman yang cukup untuk memahami bisnis online. Anda pun sudah memahami resiko, kekurangan, serta kelebihan dalam menjalankan bisnis online. Anda dapat memulainya kapan saja. Jika anda dapat mempertahankan semangat dan antusiaisme ini, bukan hal sulit untuk anda meraih mimpi.

Jika anda cenderung menjawab "C" :

Anda sudah memahami bisnis online secara baik, termasuk resiko-resiko yang mungkin ada dalam bisnis ini. Namun anda memang tidak memiliki minat yang cukup. Bila anda memiliki minat yang besar, ditambah dengan pemahaman dan pengetahuan yang memadai, maka anda pun dapat memulai bisnis online kapan saja. Mungkin anda akan meraih sukses sama seperti mereka yang termasuk dalam golongan yang cenderung menjawab "B"

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...