Mengembangkan Bisnis Warnet

Written on Senin, 30 Januari 2012 | 08.28

Seperti halnya bidang usaha lain, pengusaha warnet juga ingin mengembangkan usahanya. Pertanyaannya, ke arah mana saja bisa mengembangkan usaha ini dengan melihat peluang lain tanpa meninggalkan sama sekali dasar usaha anda.

warnet

Salah satu hal yang sering didapati dari seorang pengusaha warnet adalah minimnya kreatifitas dan  terperangkap dalam satu pola pikiran tertentu yang akhirnya membuat mereka tidak bisa keluar dari sebuah lingkaran setan.
Contoh paling nyata dari kurangnya kreatifitas adalah perang harga antar warnet yang akhirnya membuat bidang usaha warnet cenderung stagnan. Setiap munculnya pemain baru selalu disikapi dengan perang harga yang dilakukan pemain baru maupun pemain lama. Situasi seperti ini akhirnya membuat bidang usaha warnet menjadi sebuah usaha yang muram, tak pasti, sering bergejolak, dan rawan.

Jika kondisi warnet anda sudah bagus, maka langkah berikutnya adalah Pengembangan. Jika pengembangan yang anda lakukan adalah sebatas upgrade PC, menambah jumlah PC, menaikkan kapasitas bandwidth atau menambah kenyamanan warnet anda, tentu saja tidak sulit, bukan ?
Nah, beberapa hal di bawah ini juga bisa anda lakukan juga untuk pengembangan usaha anda :

Menambah Jumlah Warnet
Ini adalah pilihan yang paling logis. Sebab jika manajemen warnet anda telah terbukti bagus, maka bangunlah warnet baru lagi. Pengalaman anda dalam mengelola warnet dengan baik adalah modal utama anda.

Waralabakan Warnet Anda
Warnet anda telah bertambah, namanya telah terkenal, manajemen bagus, mengapa tidak memberikan kesempatan kepada pihak lain yang tertarik membuat warnet untuk bergabung dengan jaringan anda ?
Anda mempunyai kesempatan memberikan pihak lain untuk mendapatkan keuntungan dan anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memperluas jaringan.

Membangun Internet RT/RW
Warnet anda berada disekitar perumahan atau banyak yang tertarik untuk koneksi internet tapi ingin aksesnya dari rumah ? Salurkan saja bandwidth warnet ke rumah-rumah sekitar warnet anda. Media kabel dan wifi bisa anda gunakan.

Nah, lumayan juga bukan, kalau saja hal-hal di atas bisa anda lakukan ? daripada hanya perang harga belaka....

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...