Manajemen Waktu Dan Profesionalisme

Written on Kamis, 26 Januari 2012 | 22.59

manajemen-waktu-rahasiadiva-com

Kita menyadari bahwa kita hanya punya waktu 24 jam dalam sehari, waktu yang terbatas tapi tugas yang harus kita kerjakan cukup banyak, kadang-kadang kita ingin sehari itu 48 jam.
Salah satu solusinya adalah mengatur waktu, manajemen waktu.

Orang sukses mempunyai waktu 24 jam, kita pun juga sama. Tapi yang membedakan adalah bagaimana kita mengatur waktu itu. Itulah pentingnya aspek manajemen waktu, sehingga muncullah istilah "waktu adalah emas atau waktu adalah uang".

Nah bagaimana tips manajemen waktu, berikut ini tips-tips yang mungkin berguna :


1. Tidak Tergoda Mengerjakan Hal-hal Yang Kecil Tetapi Menyita Waktu
Kuncinya adalah disiplin didalam mengerjakan rencana yang tentunya sudah ada prioritasnya. Sesekali kita melakukan hal-hal kecil tersebut untuk menyegarkan pikiran, itu hal yang wajar.

2. Gunakan Alat Bantu Manajemen Waktu
Seperti PDA, Ipad, Tablet PC. Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.

3. Prediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas.
Ketika kita akan mengerjakan sesuatu atau merencanakan sesuatu, kita harus mengetahui kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuai dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas tersebut. Jangan membuat prediksi diluar kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.

4. Mengetahui dateline dari tugas tersebut
Seperti pada poin pertama, kita mengerjakan sesuai prioritas. Kita harus mengetahui kapan suatu tugas dapat diselesaikan dan mana tugas yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang bisa ditunda. Sediakan waktu untuk menyusun kembali rencana dipagi hari, dan disiplinlah dengan rencana-rencana tersebut.

5. Fokus
Salah satu hal yanag penting dalam manajemen waktu adalah fokus pada satu tugas. Kita tidak akan bisa mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus dengan tingkat perhatian yang sama. Yang mungkin bisa dikerjakan adalah 'multitasking', tetapi kita tetap dapat mengerjakan satu hal pada satu waktu. Multitasking sebenarnya adalah suatu seni didalam melakukan wewenang dan tugas.

6. Hindarkan untuk terpaku pada lama waktu yang telah kita rencanakan
Ketika kita merencanakan untuk melakukan suatu tugas dalam waktu 3 jam (contoh 3 jam), hindarkan kita untuk terpaku untuk waktu 3 jam itu untuk menyelesaikannya. Jika kita mampu menyelesaikannya dalam waktu 2 jam, itu lebih baik, sehingga kita akan bisa menyelesaikan tugas yang selanjutnya.

7. Efisiensi
Tips manajemen waktu yang lain adalah bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat rumit/susah yang malah menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Mudahkan. Maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...